Rabu, 20 Juni 2012

Pembuluh Limfe



Struktur Pembuluh Limfe : memilki banyak katup sehingga tampak sepertirangkaian merjan. Pembuluh Limfe merupakan jalinan halus kapiler yang sangat kecil sebagai rongga limfe didalam jaringan berbagai organ. Susunan pembuluh limfe merupakan saluran antara darah dan cairan jaringan di mana terdapat zat-zat koloid, garam elektrolit tidak dapat masuk kedalam kapiler darah akan tetapi masuk melalui kapiler-kapiler limfe atau saluran limfe. Saluran Limfe dibagi menjadi : 1) Duktus Torasikus atau duktus limfatikus senistra, mengalirkan getah bening dari alat tubuh bagian bawah dan alat tubuh atas  sebelah kiri. 2) Duktus Limfatikus Dekstra, mengalrkan getah bening dari alat tubuh bagian atas sebelah kanan.
Fungsi Pembuluh Limfe: mengembalikan cairan dan protein dari jaringan kedalam sirkulasi darah, mengangkat limfosit dari kelenjar limfe kesirkulasi darah, menyaring dan menghancurkan mikroorganisme, membawa  lemak yang sudah dibuat emulsi dari usus ke sirkulasi darah, menghasilkian zat antibody untuk melindungi terhadap kelanjutan infeksi.
Kelenjar Limfe: bentuk bulat lonjong, ukuran 10-25mm, Limfe (getah bening) merupakan cairan yang banyak mengandung sel darah limfosit, mengandung sedikit O2 dan cairan limfe dari usus banyak mengandung  zat lemak. Fungsinya : menyaring cairan limfe dari benda-benda asing, pembentukan limfosit, membentuk antibodi, pembuangan bakteri-bakteri, laktealnya berfungsi membantu rotogsi lemak. Faktor yang memungkinkan cairan limfe bergerak: kontraksi otot-otot, pada inspirasi dan ekspirasi rongga dada mengakibatkan adanya perubahan tekanan, pemijatan tubuh.
Pembuluh Darah Limpa: Limpa merupakan sebuah organ yang terletak disebelah kiri abdomen didaerah hipogastrium kiri bawah iga ke-9, -10, -11, limpa berdekatan pada fundus dan permukaan luarnya menyentuh diafragma. Fungsi Limpa: sebagai gudang darah, sebagai pabrik-pabrik sel darah, sebagai tempat penghancuran eritrosit, menghasilkan zat antibodi. Lapisan Limpa: lapisan luar diselimuti olehperitonium dibawah itu terdapat selaput yang langsung membungkus limpa, limpa dibungkus oleh kapsula yang terdiri atas jaringan kolagen elastis dan berupa serabut halus.
Tonsil: terdiri atasjaringan limfe letaknya diantara lengkung langit-langit , mendapat persediaan limfosit. Tonsil terdiri atas: - tonsil faringealis, menonjol keluar dari atas faring terletak dibelakang koana, - tonsil palatina, dilapii oleh epitel berlapis gepeng tanpa lapisan tanuk, - tonsil lingualis, epitel berlapis gepeng tanpa lapisan tanduk.
Vili (lamina propia), merupakan jaringan limfe kalius sentralis, didalam vilus berhubungan dengan pembuluh limfe dalam jaringan submukosa membran serosa yang paling lebar yaitu peritonium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya